Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Monday, May 12, 2014

Ayam Kodok Keju

Saya membuat ayam kodok keju ini lagi-lagi dalam rangka menyambut kedatangan uncle Hendra dari timur tengah. Buat penyambutan uncle lagi, uncle lagi, jangan bosan-bosan ya kalau saya ngetiknya begitu melulu, lha habis mau buat siapa lagi? hehe. Memang saya suka memasak dan spesialnya untuk keluarga saya di rumah. Alhamdulillah beliau senang sekali, karena ada ayam kodok keju dan mille crepes yang ngadem di kulkas (saya upload in syaa Allah).

Resep ayam kodoknya tetap setia menggunakan resep mbak R, tapi saya mencoba skip penggunaan saus tiram, kaldu bubuk dan krim sup bubuk, saya tambahkan takaran bumbu lebih banyak, juga merica hitam dan keju (kurleb 200gr), Alhamdulillah rasanya tetap enaaak ma syaa Allah.. Walaupun saya tidak membuat saus nya huhu. Monggo temans googling step by step ayam kodok mbak R, kira-kira 2 tahunan lalu saya juga belajar membuat ayam kodok dibantu melalui blog beliau (selain juga dari you tube).. In syaa Allah membuatnya tidak sesulit yang temans bayangkan, asalkan bahan-bahan sudah disiapkan 2 atau 1 hari sebelumnya, dari mulai berbelanja bahan, mencuci sayuran, menguliti ayam, persiapan bumbu, bahkan menghaluskan bahan isian yang sudah diberi bumbu, sudah saya siapkan sehari sebelumnya, jadi, pagi harinya tinggal diisi dan dijahit, lanjut membuat saus dan pendampingnya (merebus sayur, menggoreng kentang).

Kebetulan saya menemukan ayam sehat yang beratnya > 1 kg wah senang banget nih, karena biasanya berat ayam sehat kurleb 800-900 an gram temans. Jadi, ayam kodok kali ini lumayan besar, untuk isiannya kira-kira beratnya 800 an gram ayam dan daging sehingga bisa saya buat roulade.. Kali ini, ayam tidak saya kukus, saya mencoba meniru mbak Rina Rinso yang langsung memanggang ayamnya dan ternyata enaaaaakk ma syaa Allah.


Bagian dalam ayam kodok, saya beri keju yang diparut dan dipotong dadu


Ayam siap diisi

No comments:

Post a Comment