Welcome To Marisa's Kitchen

Welcome To Marisa's Kitchen

Saturday, February 9, 2013

Nasi Bakar Ayam Teri Jamur


Alhamdulillah Aku sukses membuat nasi bakar ini, bahkan sampai disuruh suamiku untuk berjualan nasi bakar karena beliau suka sekali nasi bakar ini, menurut beliau, rasanya enak, gurih MasyaAllah. Ketika akan menyantapnya, beliau minta ditambahkan keju lembaran di dalam nasi bakarnya, baru dibakar --> embeeeek, aneh banget ya haha.
Resepnya menggunakan resep NCC (jazaakillaahu khoir Bu Fat, resepnya enak banget!), resep tersebut  kudapat dari FB temanku Tyas (jazaakillaahu khoir Yas) yang sudah membuat terlebih dahulu. Aku menyesuaikan saja dengan bahan-bahan yang ada di rumah, menggunakan jamur merang, terinya bukan teri medan, Alhamdulillah rasanya nikmat sekali temans, ini Aku copy-paste kan resepnya ya, tapi ada sedikit kekeliruan pada resepnya, yaitu pada bahan tumisan tertulis 3 buah bw putih, namun di cara membuatnya tertulis tumis bw merah, jadi Aku gunakan saja bw putih dan bw merah pada bahan tumisannya n_n

NASI BAKAR
By Ibu Fatmah Bahalwan

Bahan:
500 gr beras, cuci, tiriskan
½ sdm garam
3 lbr daun salam
2 btg sereh
600 ml santan
50 gr bawang merah iris
1 sdt kaldu bubuk --> bisa di skip aja ya
6 sdm minyak untuk menumis.
Daun pisang secukupnya, untuk membungkus

Bahan Tumisan:
150 gr daging ayam, potong dadu
100 gr teri medan, cuci, goreng
3 bh bawang putih
2 bh cabe hijau, iris serong
2 bh cabe merah besar, iris serong
4 bh cabe rawit merah, iris serong
1 btg daun bawang, iris kasar
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
100 ml air
1 sdt kaldu bubuk
4 sdm minyak goreng untuk menumis

Cara membuatnya:
- Tumisan: panaskan minyak, tumis bawang merah hingga layu, masukkan cabe hijau, cabe merah, dan cabe rawit merah hingga harum, masukkan daging ayam, aduk rata biarkan daging matang dan berubah warna, tuangi air, masak hingga air meresap dan kering, masukkan bahan lain, aduk rata sebentar. Angkat.
- Nasi : panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum, tuangi santan, daun salam, sereh, garam dan kaldu bubuk, masak hingga mendidih, masukkan beras. Aduk rata, biarkan hingga santan terserap habis dan nasi menjadi aron. Kukus selama 20menit hingga matang. Angkat.
- Ambil selembar daun pisang, beri nasi matang, dan tengah diberi tumisan lk. 2 sdm, bungkus seperti lontong besar, semat dengan lidi kedua ujungnya. Bakar diatas wajan atau panggangan panas, hingga harum. Sajikan

11 comments:

  1. Salam kenal ya mbak,
    jadi kepengen bikin lihat fotonya :)

    ReplyDelete
  2. salam kenal kembali Mb, ayo dicoba Mb, ini favorit keluarga sy, termasuk anak sy, kalo makan bs 2 bungkus lho :)

    ReplyDelete
  3. Terima kasih resepnya mbak. Aku kebetulan tinggal di luar negri, belakangan sering liat teman-teman di Indonesia makan nasi bakar. Kayanya emang lagi ngetrend yah.
    Ntar aku mau coba bikin juga ah.

    Ada pertanyaan mbak, bakar diatas wajan itu maksudnya seperti apa ya??

    ReplyDelete
  4. sama2 Mb, terima kasih banyak sudah berkenan membuka blog saya, salam kenal ya Mb :)
    bakar diatas wajan, maksud saya taruh saja nasbaknya diatas teflon, tutup teflonnya dan nyalakan api, panaskan hingga daun nasbak nya agak gosong Mb :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh bisa ya kalo dibakar diatas teflon begitu? Aduh.. makasih banyak mbak. Soalnya aku tinggal di apartment, mau bakar-bakar susan *loh kebablasan curcol*.

      Delete
  5. iya begitu Mb, harusanya kata yg sy gunakan bukan 'bakar' ya hehe.. segera praktek Mb, semangat! :)

    ReplyDelete
  6. Salam kenal semua...


    Makan adalah urusan nomor satu, setiap hari manusia harus makan.

    Inilah peluang usaha yang perlu diperhatikan oleh para pengusaha, termasuk Anda. Jika ingin mengembangkan sebuah usaha bisnis yang selalu dibutuhkan orang, maka kembangkanlah sebuah usaha Bisnis Kuliner.
    Bagi Anda yang saat ini sedang menekuni atau tertarik dengan Bisnis Kuliner terutama yang pengolahannya dengan dibakar / dipanggang, saya sarankan menggunakan Kompor Panggang Tanpa Asap.
    Kompor Panggang Tanpa Asap sangat berguna untuk membuat : Ayam Bakar, Ikan Bakar, Sosis Bakar, Bakso Bakar, Jagung Bakar, Iga Bakar, Sate dan lain-lain.
    Kompor Panggang Tanpa Asap juga sangat menguntungkan bagi Pengusaha Kuliner yang akan melebarkan sayap baik dengan membuka cabang maupun me-waralabakan usahanya.

    Info Kontak :
    HP : 0857 8092 6000, 0813 9324 6000, 0878 0288 6000
    Pin BB. : 32696186, 31EAB8FB

    Keterangan lebih lanjut silakan kunjungi :
    http://www.usaha-nyata.com

    ReplyDelete
  7. Salam kenal Mba Marisa..
    Liat potonya bikin ngileer. Udah saya praktekin (udah lamaa, tapi baru lapor skrg :p)
    Alhamdulillah tamu pada suka, sampe nanya resepnya :)
    Btw, saya pake alumunium foil karena daun pisang dsini mahaal. G dapet aromanya tapi tetep enak lho..

    ReplyDelete
  8. salam kenal mama Aisyah... wah maaf bgt baru bales ya, soalnya sy baru mudik lamaa banget :D
    Alhamdulillah kalo suka resepnya ya, ini sy nyontek resep NCC mb, masyaAllah memang lekker.. makasih udah main ke blog sy mb :)

    ReplyDelete
  9. salam kenal mba, assalamualaikum..aku share resepnya di fb aku ya... biar kesimpen, mau praktek. terima kasih

    ReplyDelete
  10. Mna jamur ny? Kata ny nasi bakar teri ayam jamur?

    ReplyDelete